Kamis, 13 Maret 2014

PASSION !!

Passion..!! 
di note kali ini saya akan coba ngebahas topik yang mungkin udah sering banget dibicarain khususnya di kalangan anak-anak muda.:)
siapa sih yang gak tau istilah passion, dikalangan anak muda istilah ini sudah cukup sering kita dengar.

mungkin ada beberapa teman-teman yang udah tau passionnya dengan sangat jelas, tapi mungkin juga ada teman-teman yang malah belum ngerti apa itu "passion" dan gimana cara menemukan passion kita. :)

oke..mungkin ada yang nanya kenapa tiba-tiba ngangkat topik ini untuk tulisan kali ini..:)
topik ini saya tulis setelah semalam berdiskusi dengan beberapa teman-teman komunitas saya yang cetar membahana..:D
yupp..komunitas kece & amazing ( KEJING) 
ini komunitas saya dimana ada sekumpulan anak muda dengan bakat dan talenta yang luar biasa didalamnya. *promosi :D
dan entah ada angin apa tiba-tiba kami yang waktu itu hanya berlima nyangkut di topik yang satu ini yaitu ngomongin passion, dan keseruan berlanjut saat setiap teman-teman mulai share tentang apa sih passion mereka.:) dan harus di akui mungkin ini topik pembicaraan yang langkah saat kami ngumpul dan ngobrol slama ini. hehhe


nah kalo saya balik lagi nanya..apa sih passion teman-teman?
mungkin ada yang langsung bisa dengan bersemangat menjawab pertanyaan tersebut, :) tapi mungkin juga ada beberapa teman-teman yang masih butuh waktu dan berpikir apa sebenarnya yang jadi passionku, atau malah ada yang gak tau apa passion itu..?

nah disini saya mau coba sedikit share tentang apa sih passion itu. :)

yang pertama jelas semua orang pasti punya yang namanya passion.
apa itu passion ? passion adalah gairah, keinginan atau hasrat.
passion akan menentukan jalan hidup seseorang kelak, cita-cita seseirang sangat dipengaruhi oleh passionnya. setiap prang pasti punya dorongan yang paling kuat tentang pengen jadi apa dia kelak, nah dorongan itulah cikal bakal lahirnya sebuah passion. :)
singkatnya passion adalah aktivitas yang paling kita cintai, passion itu sesuatu yang membuat kita bisa bersemangat bangun pagi, bahkan lebih dari itu passion bisa ngebuat kita lebih bersemangat untuk ngejalanin hidup, passion itu sesuatu yang ngebuat pikiran kita terus aktif bekerja dengan kreativitas tanpa batas, sesuatu yang gak akan membuat kita ngerasain capek dan bosan, karena kita udah sedemikian cinta dengan aktivitas itu.:)

buat saya pribadi "passion" berarti melakukan sesuatu yang saya suka dan menjadi ahli dan hebat didalamnya, 
nah trus kalo passion itu ngelakuin apa yang kita suka,berarti passion sama dong kayak hobby.?
kalo jawaban saya bisa "iya" tapi bisa juga "gak" semua tergantung seberapa besar tanggung jawab kita untuk hobby tersebut. :)
yang kenal saya pasti sedikit tau salah satu passion saya :)
sejak kecil saya suka musik dan musik juga yang membawa saya untuk bisa jadi kayak saya yang skarang ini. :)
sampai akhirnya saya memutuskan untuk mengejar apa yang menjadi passion saya, dan ini bukan berarti semuanya bisa selalu menyenangkan, ketika saya mengambil keputusan untuk menekuni sesuatu yang jadi passion saya, saya memaksa diri saya untuk benar-benar bertanggung jawab dengan pilihan saya, saat saya menyadari ini passion saya, saya gak mau jadi musisi yang biasa-biasa, saya punya target yang jelas dan visi yang kuat di bidang musik. 
buat saya passion juga berarti melakukan sesuatu yang saya sukai dan saya tau saya gak akan pernah bosan melakukan hal ini sepanjang hidup saya. :)

satu hal yang saya syukuri adalah karna sejak dulu Tuhan udah ngasih tau apa yang jadi passion saya, dan saya juga bersyukur berada ditengah keluarga yang demokratis, dimana ayah dan ibu saya tidak pernah memaksakan anaknya untuk menjadi apa yang mereka mau, kami diberi pilihan untuk memilih jalan hidup kami dengan catatan semua pilihan itu harus disertai dengan tanggung jawab.

nah didunia pekerjaan atau karir juga akan sangat menyenangkan kalo pekerjaan / karir kita berhubungan dengan passion kita.
saya pernah baca satu kalimat kayak gini.."carilah pekerjaan yang kamu senangi (sesuai passionmu), maka seumur hidup kamu tidak perlu menyebut itu bekerja..
yaa menurut saya ini betul banget, secara kita semua cuma hidup sekali dan gak akan pernah mengulang waktu lagi, kecuali bagi teman-teman yang mungkin percaya adanya reinkarnasi :p
nah karna hidup cuma sekali, jadi sayang banget kalo hidup cuma dihabiskan untuk sesuatu yang gak kita suka atau mungkin terpaksa kita lakuin..
banyak kasus di luar sana, dimana orang-orang gak bisa menikmati pekerjaan mereka, yang mereka lakukan setiap hari adalah protes dan mengeluh,mereka mengeluh ketika weekand  udah selesai dan harus masuk hari senin, mereka mengeluh dengan rutinitas yang membosankan setiap harinya, gaji yang mungkin gak seberapa dibanding dengan jam kerja yang padat dan melelahkan yang hampir setiap hari harus mereka hadapi, belum lagi mengeluh dengan kemacetan dan banyak hal lain lagi.
buat saya contoh orang-orang diatas adalah tipe orang yang melakukan pekerjaan tanpa kenal apa passion mereka.
so..apa ada teman-teman yang mau mengikuti jejak orang-orang diatas..? :)
tapi balik lagi, sebenarnya dalam passion pun bukan berarti semuanya bisa mudah, akan tetap ada banyak tantangan  didepannya, tapi apa yang ngebedain antara orang yang hidup dengan passion atau gak adalah, buat orang yang ngerti passionnya, tantangan akan jadi motivasi untuk semakin menjadi lebih baik. sedangkan buat orang yang gak hidup sesuai dengan passionnya, tantangan akan jadi momok yang sangat menakutkan, bahkan jadi beban dan menghasilkan sikap mental yang suka mengeluh setiap harinya.
tapi bukan berarti saat kita ngelakuin apa yang jadi passion kita, kita gak akan capek, kita akan tetap ngerasain capek, tapi yang bedain skali lagi adalah kita bisa menikmati rasa capek itu karna memang dasarnya kita menyukai apa yang kita kerjakan. :)

buat beberapa orang,untuk bisa menemukan passion mungkin emang sedikit gak mudah, ada proses demi proses yang akan dilewati untuk bisa meyakinkan diri kita bahwa ini dia passion kita, passion juga bisa terbentuk dari lingkungan sekitar kita, saran saya untuk bisa mulai mengenal apa passion kita, mulailah dari hal apa sih yang kita sukai, tanya sama diri kita sendiri,hal apa sih yang kalo kita ngelakuin itu kita gak akan bosan dan terus bisa menikmatinya,meskipun dengan jangka waktu yang panjang. mungkin bisa dimulai dari hobby teman-teman.:)
jadi mari mulai cari tau apa passion kita, :) kita gak hidup di dunia tanpa gak ada tujuan kan, dan Tuhan pasti gak nyiptain kita karna iseng, Dia pasti punya masterpan dalam hidup kita.
so..cari tau apa yang jadi passionmu dan kamu akan ngerti apa yang jadi masterplan Tuhan buat hidupmu.

pesan saya yang terakhir untuk bisa ngerti apa passion kita, kita harus berusaha jujur sama diri sendiri, dan yang pasti saat kita udah ngerti apa yang jadi passion kita, bertanggung jawablah untuk pilihan itu dan jadilah yang terbaik. :)

:)
Godbless


Tidak ada komentar:

Posting Komentar