Rabu, 12 Maret 2014

Musik, Jogja dan Cerita Cinta ( MUSIK )

Musikal adalah anugerah bagi saya, musik mengajarkan banyak hal tentang arti sebuah kejujuran dan tanggung jawab dalam berkarya.

saya mengenal musik sejak kecil,ini dimulai ketika ayah saya membelikan sebuah gitar accoustic untuk kakak saya.
iya..itu untuk kakak bukan buat saya..:)
tapi tenang..hehee meskipun itu bukan gitar untuk saya,setidaknya dari kejadian datangnya gitar itu saya jadi suka semua hal tentang musik :)
saya suka kalo lagi liat orang nyanyi,bahkan saya senang ketika sekedar diajak untuk nemenin orang-orang yang latihan musik selama berjam-jam. :D
buat saya waktu itu musik adalah sesuatu yang indah dan menyenangkan yang gak bisa diganti dengan apapun, itulah awal saya jatuh cinta dengan musik. :)

Buat saya musik bukan sekedar hobby, musik lebih luas dari arti kata yang sebenarnya, musik bisa mengubah paradigma setiap orang, musik bisa mengubah budaya bahkan mengubah bangsa.
dan untuk saya sendiri, musik bisa mengubah sejarah besar dalam hidup saya. :)

pertama kali kenal dan belajar musik,saya memulainya dengan belajar instrument gitar, dengan usaha keras yang menurut saya saat itu sudah maksimal, tapi ternyata saya belum bisa memainkan instrument ini dengan baik. padahal waktu itu teman-teman saya pun mempelajari instrument yang sama dan mereka bisa dengan lebih mudah menguasainya. :)
dan apa kabarnya dengan saya ?
ya waktu itu saya hanya mentok dengan beberapa akord yang bisa dipelajari ( C - G - Am - Dm ) sedangkan untuk akord " F " saya perlu perjuangan ekstra untuk bisa memainkannya dengan bunyi yang baik dan benar.
dengan tingkat kesulitan yang menurut saya sangat sulit, :p
akhirnya saya menyerah dengan instrument gitar ini, mungkin waktu itu belum jodoh jadi pemain gitar, hehe dan akhirnya dengan berat hati saya pun berusaha move on ke instrument berikutnya. :D *maafyaTar

nah berlanjut ke instrument ke dua, saya mulai tertarik dengan drumset, waktu itu kayaknya keren kalo ngeliat pemain drum waktu lagi maen. hehe
dan berbekal tekad yang bulat biar keliatan keren :p saya mulai nabung uang jajan saya hari demi hari untuk bisa beli stick pertama saya. :)
nah beberapa hari kemudian setelah melewati rintangan, badai dan perjuangan yang sangat sengit, :D saya berhasil membeli stick drum pertama saya yang saat itu seharga 25ribu. #yeaaahhhh :D

setelah stick pertama udah ditangan, saya jadi orang yang sangat bersemengat tiap harinya. *aseeekk :D
dan hampir setiap hari stick drum pun bertengger ditas sekolah saya, buat saya alat tulis yang lain boleh lupa, tapi untuk urusan stick harus slalu ada. :D meheehe  jadi ntar kalo gurunya minta ngeluarin alat tulis, saya ngeluarinnya stick drum aja, dan nulisnya pake stick drum. :p *gak-gakk hehehe jangan ditiru ya adek-adek :D
nah lanjutt lagi, ditengah-tengah jaman dimana anak smp kelas 1-2 lagi senang-senangnya maenan tamiya, saya jadi anak smp yang malah doyan dan seneng musik dan asik dengan dunia musik saya. :)
tapi saya tetap koleksi beberapa mobil tamiya kok, ini menghindari biar gak dijauhi karna gak punya permainan nge-hits waktu itu,jadi saya sesekali maenan tamiya biar tetap keliatann gaoollll :D

balik lagii, nah diinstrument drumset pun kayaknya saya gak jodoh, emang nyari soulmate untuk alat musik itu sesulit nyari jodoh kok, banyak yang bagus, keren dan cantik, tapi yang cocok dan sehati itu yang susah, *nyolongcurhatt :D

buat saya waktu itu,belajar drum sangat menguras tenaga dan energi, dan akhirnya saya harus memutuskan untuk memutar haluann, meskipun ini berarti saya harus merelahkan untuk gak jadi keren karna belum berhasil jadi jago maen drum. :(

nah waktu belajar drumset, saya juga nyari kesempatan untuk belajar bass, waktu itu saya mikir, kalo saya gak bisa jago maen gitar, paling gak saya harus bisa jago maen bass, maklum gitar sama bass kan masih saudaraan, jadi ilmu gitar saya yang gak seberapa itu bisa saya terapkan dibass..mhehehee :D
tapi apa daya, kali ini semesta gak berpihak lagi, belajar bass pun kembali mentok di "do-re-mi-fa-sol dan do..", mungkin ini efek ilmu gitar saya yang seadanya, makanya pas diterapkan di bass pun semua jadi seadanyaa,bahkan lebih tepatnya minus seadanya..:( *maaflagiyababas

akhirnya ke tiga instrument yang saya pelajari ini cuma bisa sampe di level setengah-setengah.
pelajaran dari ke tiga instrument itu buat saya mikir-mikir..apa yang salah ya dengan saya..? padahal semangat dan kemauan saya udah sangat menggebu-gebu waktu itu, tapi kenapa gak bisa jadi jagoo kayak ayamm jagooo..
sambil teriakk *kenapaaa..paaa..paaaa...paaaaaa #ceritanya lagi teriak dalam goa..oke abaikann..:p

waktu itu sempat juga mikir, apa emang gak bakat ya, soalnya kalo diteliti,di telaah dan diliat-liat dari silsila keluarga dan di sila ke 9 emang gak ada keturunan musisi. :(
tapi waktu itu saya gak nyerah, saya ingat kalimat yang pernah saya baca dan kurang lebih intinya ngomong gini.."sebenarnya untuk belajar musik kamu cuma butuh 1% bakat, tapi 99%  fokus, kerja keras dan ketekunan.."
dari beberapa kejadian diatas saya belajar kegagalan bukan sesuatu yang harus ditakuti, saya juga belajar satu hal yaitu "FOKUS.." kalo kamu mau jadi yang terbaik, kamu harus fokus dengan satu hal yang jadi tujuanmu. :) akhirnya saya sadar bahwa peluang saya untuk jadi kerenn masihh adaa..:p
itulah awal pertama kali kenal musik hehe

nahhh..setelah ngomong panjang lebarr diatas, pertanyaannya adalah,
trus kapan kamu blajar pianonyaa joe.? mhehehe
jadi gini teman-teman ceritanya, flashback ke cerita awal :p

jadi dulu waktu abang saya dibeliin gitar, saya gak bisa make gitarnya setiap hari untuk latihan,
alasan yang pertama karna jelas gitar itu bukan buat saya, alasan ke dua dan ini tebakan saya,mungkin karna abang saya takut kalo adeknya yang megang gitar, jangan-jangan ntar senar gitarnya diputusin trus dijadiin sambungan senar layangann..hehe :D dan alasan ketiga yang sebenarnya adalah, karna gitarnya emang jarang dirumah, kalo dikategorikan dalam judul lagu dangdut, gitar ini dah kayak "bang toyibb" jarang balik rumahh. padahal posisinya waktu itu saya lagi cinta-cintanya sama alat-alat musik,nah kalo orang lagi jatuh cinta kan bawaannya pasti pengen ketemu terus, pasti pengen deketan terus, tiap hari gak apa-apa deh yang penting sama orang yang disayang. :p nah sama juga kayak saya yang jatuh cinta dengan musik waktu itu, jadi kalo gak maen musik sehari saya bisa menggigil demam. hahhaaa *becanda
jadi ditengah kegalauan saya yang gak bisa setiap hari ketemu bang toyib (baca : gitar ) saya cari tau instrument apa yang bisa saya pelajari untuk mengobati kegalauan saya disela-sela nungguin bang toyib balik lagi kerumah. nah waktu itulah saya dipertemukan dengan piano yang pada akhirnya jadi soulmate seperjuangan saya. :)
sambil tetap nungguin dan berharap sama bang toyib, saya akhirnya memutuskan buat belajar piano, meskipun piano waktu itu bukan prioritas yang pengen saya pelajari *maafyaNoo
tapi saya slalu setia latihan setiap siang selesai pulang sekolah. :) gpp deh gak tidur siang, yang penting bisa maenan musik. :D
sama juga kayak belajar drumset dan bass elektrik, saya tetap nyisihin waktu dan terus konsisten untuk belajar piano disela-sela kesibukan itu.

jadi kenapa sampe skarang  jadinya pemain piano..? karna emang dari ke tiga instrument yang saya cerita diatas, waktu yang paling lama saya pake buat blajar musik adalah untuk blajar piano. hehee dan ke tiga instrument itu ternyata cuma jadi batu loncatan dan batu-batu lainnya..:D
itulah cerita singkat dan awal  mula saya mengenal musik dan jatuh cinta denganya. :)

ohh iyaa..ngomongin lagu, sebenarnya debut pertama saya  nyiptain lagu itu pas kelas dua smp, waktu itu ada 2 lagu yang berhasil saya buat dari akord bang toyib yang sederhana itu :)
mau denger lagunyaa..? sama saya juga mauu..tapi sayangnya lagu yang waktu itu saya ingat cuma bisa bertahan kurang lebih 2 mingguan dikepala saya dan akhirnya 2 lagu itu terlupakan. :(
tapi kalo teman-teman mau dengerin karya lagu saya yang lain..kalian bisa follow saya di twitter @joe_wuhang disini ada beberapa account untuk karya musik yang saya buat, ada soundcloud dan juga youtube. :)

danke.. Gb







Tidak ada komentar:

Posting Komentar